Loading...
Jumat, Desember 07, 2012

KantorPos Batam akan Segera terhubung Jaringan Online

BATAM - Kantor Pos Batam akan segera terhubung dengan jaringan online kantor pos seluruh Indonesia. Ia menjadi kantor pos ke-376 dari 3.987 kantor pos se-Indonesia yang sudah memiliki loket yang sesuai dengan standar Kantor Pos Indonesia.


"Sekarang ini ada 3897 kantor pos yang seperti ini. Dengan jumlah loket 11.460 loket," kata Direktur Ritel dan Properti Pos Indonesia, Setyo Riyanto dalam acara peresmian standardisasi loket Kantor Pos Batam 29400 Batam Centre, Kamis (5/12).

Sebelum terstandarisasi loket kantor pos bersifat soliter. Segala transaksi pelanggan, khususnya, untuk transaksi yang melibatkan jasa kurir, seperti pelayanan surat dan paket, yang terjadi di kantor pos Batam hanya dapat diakses di Batam. Meski menggunakan komputer, komputer itu hanya terhubung dengan server Batam.

Dengan loket yang sudah terstandardisasi tersebut, semua layanan yang melalui loket kantor pos Batam akan terintegrasi dengan 11.460 loket se-Indonesia lainnya. Yang artinya segala transaksi pelanggan melalui loket-loket tersebut akan saling terpantau satu sama lain. 

"Ke depan semua itu jadi one stop shopping. Pelanggan belanja apa saja akan ada record terhadap pelanggan yang kami miliki. si A belanja apa, berapa besarnya, tanggal berapa, itu akan terdata base dengan lebih baik," katanya. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kantor Pos Indonesia tengah mengembangkan satu sistem yang dinamai dengan sistem point of sales. Ia menunjuk PT. Astra Graphia untuk mengembangkan sistem ini. 

Sembari menunggu sistem selesai dikerjakan, Kantor Pos Indonesia akan melakukan standarisasi fisik terhadap kantor pos cabang-cabang lain di seluruh Indonesia. Ditargetkan, setengah dari jumlah seluruh kantor pos di Indonesia akan memiliki loket yang sudah terstandarisasi.

"Saat ini baru 376 kantor pos termasuk Batam yang secara fisik sudah terstandarisasi. (Jumlah ini) baru sedikit. Belum ada sepuluh persen. Tapi tahun 2013, insyallah akan sampai 50 persen.
 
Penulis : Vici  

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
TOP