Loading...
Jumat, Desember 07, 2012

Pulau Abang

Batam - HarianKepri : Inilah destinasi wisata maritim terkemukadi Batam. Namanya Pulau Abang, sebuah pulau kecil yang berada di sisi paling Selatan Pulau Batam dan merupakan bagian dari Kecamatan Galang. Sebagai kawasan wisata laut yang sedang dikembangkan oleh pemerintah Kota Batam, Pulau Abang adalah surga bagi Anda penyuka diving, snorkeling, island hopping, memancing dan berbagai aktifitas olahraga air lainnya.

Pulau ini dikelilingi oleh beberapa pulau kecil seperti pulau Petong, Pulau Dedap, Pulau Hantu. Pulau Pengerlap, Pulau Kelapa dan Pulau Abang Besar. Hampir setiap titik perairannya, ditumbuhi ruparupa terumbu karang yang masih terjaga kealamiannya. Banyak yang bilang, terumbu karang dan berbagai jenis ikan dan biota bawah lautnya, tak kalah atau setara dengan Bunaken.

Apa yang dikatakan orang itu bukan isapan jempol sebab dari studi baseline maupun monitoring yang telah dilakukan beberapa kali di perairan Pulau Abang dan sekitarnya, diperoleh data bahwa dari 12 lokasi transek penelitian, tercatat tiga lokasi memiliki pertumbuhan karang dengan kategori ”sangat baik,” empat lokasi dengan kategori ”baik,” dan lima lokasi dengan kategori ”sedang.” Sementara dari hasil pengamatan ikan karang dengan metode ”Underwater Fish Visual Census,” ditemukan 149 jenis ikan karang yang termasuk dalam 27 suku.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
TOP