Loading...
Jumat, Desember 07, 2012

Makam Temenggung Abdul Jalal

Batam - HarianKepri : Makam Temenggung Abdul Jamal terletak di Pulau Bulang Lintang, Kecamatan Bulang. Dari berbagai catatan menyebut, Temenggung Abdul Jamal merupakan salah satu temenggung yang memerintah pada masa Kerajaan Riau Lingga. Temenggung sendiri adalah gelar pembesar di bawah raja atau sultan yang dikenal dalam sistem pemerintahan Kerajaan Melayu Johor-Riau.

Dengan gelar tersebut, kala itu Temenggung Abdul Jamal secara otomatis memiliki mahar kebesaran berupa cap dan sebuah bendera yang diberi nama fajar
menyingsing.
 

Lahir pada tahun 1720, Temenggung Abdul Jamal adalah putra dari Tun Abbas, Datuk Bendahara Si Maha Raja Johor Ibni Sultan Abdul Jalil Riayatsyah. Ia menetap
di Bulang Lintang ini hingga akhir hayatnya dan dimakamkan di sana bersama dengan istrinya yakni Raja
Maimunah. Masyarakat setempat memperkirakan, makam-makam lain yang berada di kawasan ini juga masih merupakan anggota keluarga temenggung. Kini, kondisi area pemakaman ini masih terawat baik. Pemerintah Kota Batam bahkan membangun museum kecil yang dinamai Cik Puan Bulang di sampingnya.
Di museum itulah para ahli waris keturunan Temenggung Abdul Jamal meletakkan sejumlah benda pusaka seperti keris, tombak, parang serta berbagai peninggalan lainnya milik Temenggung Abdul Jamal semasa hidup dan memegang kuasa di Bulang Lintang.



Pras
H/K

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
TOP